DAERAH

WALI KOTA TEBING TINGGI PIMPIN GELAR PASUKAN OPERASI LILIN TOBA TAHUN 2021

Tebing Tinggi-Gnews tv

Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. memimpin kegiatan apel gelar pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2021 di lapangan Sri Mersing, Kamis (23/12/2021).

Apel diikuti oleh satuan dari Polres Tebing Tinggi, Dishub, Satpol-PP, Koramil 13-TT Subden Pom, BPBD, Damkar dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan pengamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Hukum Polres Tebing Tinggi.

Wali Kota Tebing Tinggi membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si. yang diantaranya menyebutkan bahwa apel gelar pasukan operasi lilin ini diadakan secara serentak diseluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga pada tingkat kesatuan wilayahnya.

Dalam amanat tersebut juga disebutkan perayaan pergantian tahun cenderung dilakukan di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri akan melaksanakan Operasi Lilin-2021 selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

Kegiatan operasi ini nantinya akan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif secara humanis, dan penegakan hukum secara tegas dan profesional serta tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polri telah mempersiapkan 83.917 personel Polri, 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya.

Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 Pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas, serta 675 Pos Pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan sebagainya.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk itu, Kapolri berpesan agar seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah.

Sementara, disampaikan Kasatlantas Polres Tebing Tinggi AKP. Dhora Simanjuntak, bahwa untuk kegiatan operasi lilin di wilayah Polres Tebing Tinggi telah disiapkan 228 personil dari Polri, TNI dan elemen pendukung lainya, serta mendirikan 3 pos pam di pintu keluar masuk, antara lain pos pam Terminal Bandar Kajum, pos pam Desa Binjai dan pos pam Dolok Merawan.

Polres Tebing Tinggi juga menyediakan 2 pos pelayanan, yaitu pos yan di stasiun kereta api dan pos yan rekreasi Batu Nongol Sipispis serta 1 pos pantau di pos Simpang Beo.

Turut hadir, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H., M.H., Kapolres AKBP. M. Kunto Wibisono, S.H., S.I.K., M.H., Kajari Sundoro Adi, S.H., M.H., Dansub Denpom 1/I Kapt. CPM. Hendra Yuwono, Kompol. Endra Budianto mewakili Danyon B Sat Brimob Poldasu, Kepala atau mewakili PT. Jasa Raharaja, Dansub Denpom 1/I Kapt. CPM. Hendra Yuwono, Kompol. Endra Budianto mewakili Danyon B Sat Brimob Poldasu, perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh kepemudaan serta insan pers.

Tim-Gnews tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Maaf Om, Beritanya gak bisa di copy