Beranda Sumut Nawal Lubis : Ikan Kaya Protein Dan Gizi Dapat Cegah Stunting

Nawal Lubis : Ikan Kaya Protein Dan Gizi Dapat Cegah Stunting

0

Tanjung Balai – Gnews.tv

Mengajak seluruh masyarakat Kota Tanjung Balai tetap gemar makan ikan, Karena ikan kaya protein dan gizi, serta dapat mencegah stunting.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga(TP PKK) Sumatera Utara(Sumut) Nawal Lubis pada acara Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan(Gemarikan), di Pelataran Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjung Balai, Rabu (07/09/2022).

“Ikan kaya protein dan gizi dapat cegah stunting, Ayo tetap makan ikan, dan jangan pernah bosan, saya yakin di sini semua orang gemar makan ikan, Itulah hebatnya Kota Tanjung Balai”, kata Nawal Lubis.

Menurut Nawal, banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan dapat mencegah stunting, Karena ikan mengandung banyak protein dan gizi, yang sangat dibutuhkan anak – anak untuk petumbuhannya.

Nawal mengapresiasi prevalensi stunting di Kota Tanjung Balai yang sudah berada di angka 7%. Namun menurutnya, hal tersebut masih dapat dimaksimalkan lagi melalui kampanye Gemarikan dan memperkuat koordinasi dengan Forkopimda setempat.

Selain faktor makanan sehat, stunting juga bisa dicegah dengan memerhatikan sanitasi yang baik, serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Untuk itu, Nawal mengajak seluruh pihak untuk mengedukasi masyarakat mengenai sanitasi dan PHBS.

Nawal juga menyapa warga dan anak – anak yang hadir dan sempat bertanya kepada salah satu anak kecil, tentang nama ikan yang barusan aja dimakan, dengan spontan anak – anak tersebut menjawab yaitu ikan senangin.

“Anak-anak Tanjung Balai memang hebat – hebat, termasuk pengetahuannya tentang ikan,” ungkap Nawal takjub dengan pengetahuan anak – anak Tanjung Balai.

Selain itu, Nawal juga mengadakan kuis untuk anak – anak, beragam pertanyaan ditanyakan mulai dari nama – nama ikan hingga nama Gubernur Sumut, hadiah yang diberikan pun beragam, mulai dari yang terkecil paket makanan anak hingga sepeda.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan(Gemarikan) merupakan kegiatan sosialisasi agar masyarakat semakin gemar memakan ikan, mengedukasi makan ikan hingga pameran produk olahan dari ikan, produk yang dipamerkan di antaranya nugget ikan, bakso ikan, perkedel dan lainnya.

Sementara itu, Walikota Tanjung Balai Waris mengapresiasi kehadiran Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dan kegiatan Safari Gemarikan yang dilaksanakan di daerahnya, diharapkan hal tersebut dapat mendorong warganya untuk semakin gemar memakan ikan dan mencegah stunting.

Waris menyebutkan, meski wilayahnya kecil, Kota Tanjung Balai bisa menghasilkan 200 ton ikan setiap hari. Ikan tersebut dihasilkan dari 10 ribu nelayan, namun dengan jumlah kapal 1.500 dan 958 gudang, Kota Tanjung Balai belum memiliki Tempat Pelelangan Ikan(TPI).

“Kami mengharapkan adanya dukungan pembangunan TPI dari Pemprov Sumut, sehingga bisa menambah Penghasilan Asli Daerah(PAD) Kota Tanjung Balai,” kata Waris.

M.Yusuf – Gnews.tv/Diskominfo Sumut